Selasa, 30 Agustus 2011

CompTroller: Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi



            Teknologi merupakan salah satu kebutuhan dalam arus kehidupan manusia yang tidak pernah berhenti berputar. Dapat dikatakan bahwa, teknologi melahirkan inovasi terus-menerus yang secara sadar maupun tidak sadar telah memenuhi kebutuhan dan kepuasan para konsumen. Memang tidak dapat di pungkiri bahwa, teknologi telah ambil bagian dalam kehidupan manusia. Apalagi dengan munculnya beragam teknologi dalam bermacam kegunaan yang pada akhirnya menjadikan manusia sebagai makhluk hidup yang bergantung pada teknologi.
            Dalam memunculkan inovasi teknologi, dibutuhkan analisis yang tepat sehingga nantinya inovasi teknologi tersebut tertuju pada konsumen tepat pada sasarannya. Tepat sasaran yang dimaksud adalah baik dalam hal kemudahan penggunaan maupun serangkaian manfaat bagi konsumen sehingga inovasi teknologi tersebut mempermudah dan membantu manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya.
            Melihat dari perkembangan zaman, teknologi yang sedang terus digeluti dan banyak berperan dalam kehidupan manusia adalah teknologi komunikasi dan informasi. Mengapa begitu? Komunikasi merupakan kebutuhan paling dasar manusia, sebagaimana ada pernyataan “we cannot not communicate”. Lagipula memang tidak dapat dipungkiri bahwa kita akan terus melakukan proses komunikasi dengan siapa pun, di mana pun, dan kapan pun. Apalagi telekomunikasi telah semakin berkembang pada abad 21,  di mana alat komunikasi menjadi syarat dan sarana utama dalam melakukan telekomunikasi. Di samping itu, setiap insan membutuhkan asupan informasi untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam persaingan ketat yang terjadi antar manusia. Oleh karena itu, teknologi yang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia adalah teknologi informasi dan komunikasi.
            Seiring berjalannya waktu kebutuhan manusia menjadi semakin berkembang dan kompleks. Maka dari itu manusia harus terus disajikan dengan inovasi yang mampu menghilangkan rasa jenuh akan teknologi yang telah ada, mengingat kepuasan manusia yang tidak terbatas. Menyadari hal tersebut, munculah ide baru perangkat teknologi informasi dan komunikasi, yaitu sebuah alat yang bentuknya menyerupai ponsel yang dapat dikatakan sebagai ‘komputer kedua’ kita. Nama device tersebut adalah  ‘CompTroller’. Mengapa disebut demikian? Karena berawal dari kata ‘Computer Controller’ yang berarti alat untuk mengawasi serta mengatur komputer. Oleh karena itu, digabungkanlah kedua kata tersebut sehingga menghasilkan istilah baru, yaitu ‘CompTroller’.
            Inovasi ini diperuntukkan bagi orang yang sering berhadapan dengan komputer dan sering menghabiskan banyak waktu di depan komputer. Lalu fungsinya seperti apa? Ketika kita sedang berada di luar rumah, otomatis kita tidak dapat menjangkau komputer kita, tetapi ada hal yang mendesak yang mengharuskan kita melakukannya dengan komputer saat itu juga. Dalam keadaan tersebut, CompTroller membantu kita memecahkan masalah tersebut. CompTroller telah tersambung dengan komputer kita, tidak hanya dirumah, tetapi bisa juga dikantor atau ditempat lain, asalkan ditanamkan chip yang menyambungkan device tersebut dengan komputer. Dengan begitu, dapat dikatakan CompTroller menjadi ‘our second computer’ yang mana akan menampilkan segala layout dan data sama persis seperti yang terdapat di dalam komputer kita. CompTroller akan menampilkannya dalam bentuk visual sehingga tidak akan terjadi kesalahan lokasi data atau aplikasi.
            Anggap saja ketika kita sedang bekerja dengan CompTroller, kita sedang berhadapan dengan komputer kita karena diberikan fasilitias secara visual. Segala perubahan yang kita lakukan nantinya akan diberitahu ke komputer kita melalui chip yang telah ditanamkan dan saling tersambung. Oleh karena itu, meskipun kita sedang berada jauh dari jangkauan komputer atau sedang berlibur ke luarnegri, kita tidak perlu lagi khawatir apabila ada urusan atau kepentingan urgent yang datanya hanya ada di dalam komputer. dengan menggunakan CompTroller kita tidak perlu lagi terburu-buru berlari menuju komputer, panik ketika ada data yang tertinggal, atau merasa bosan karena melulu berada di depan layar komputer. Inovasi dari CompTroller memberikan ‘udara segar’ bagi para pekerja kantoran karena dapat mengerjakan pekerjaannya di tempat lain sehingga mendapatkan suasana baru dalam bekerja.
            Kecanggihan dari inovasi CompTroller memang sebaiknya dijadikan alat bantu bagi manusia, dan sebaiknya kita melihat peluangnya dengan baik dan benar. Ada baiknya kita tidak menjadi bergantung dan bersandar pada teknologi. Jadikan saja sebagai ‘malaikat penolong’ kita ketika sedang terdesak. Dengan begitu, hendaknya kita tidak menggampangkan segala hal karena inovasi CompTroller tersebut.
            Bentuk device-nya yang menyerupai ponsel membuat alat ini mudah dibawa kemana saja. Tetapi, berhati-hati juga agar tidak jatuh atau terlepas dari genggaman anda mengingat ukurannya yang mungil. Selain itu, bentuk dari CompTroller akan disesuaikan dengan genggaman tangan manusia agar membuat para pemakainya menjadi lebih nyaman. Design yang diberikan akan banyak menggunakan curve atau lekukan sehingga tidak akan kaku jika berada di dalam genggaman tangan manusia. Beragam pilihan warna pun ditawarkan untuk menyesuaikan selera masing-masing konsumen.
            Dengan sebutan CompTroller, berarti alat ini hanya untuk mengontrol komputer, laptop tidak termasuk. Akan tetapi, bagi para pengguna laptop jangan berkecil hati dulu. Apabila inovasi CompTroller membuahkan kesuksesan dan angka penggunaan sesuai dengan target pihak perusahaan, maka akan diluncurkan controller untuk laptop atau bahkan alat teknologi lainnya. Oleh karena itu, tetap pantau dan ikuti inovasi teknologi terkini agar menjadi smart user yang tetap mengontrol teknologi, bukannya dikendalikan oleh teknologi.

0 komentar:

Poskan Komentar